The Most Powerful Mom

Sabtu, 01 September 2018 kami sekeluarga kehilangan Mama kesayangan kami. Sungguh cepat dan tak dapat diprediksi Rencana Tuhan dalam kehidupan kami.. Mama masih sehat dan kuat bahkan tak pernah mengeluh masalah penyakitnya kepada kami.. Ya, begitulah yang kami ketahui.. Tapi ternyata salah.. Mama selama ini menyimpan rasa sakit yang dia alami dan tak pernah mengeluh kepada kami.. Ini sangat mengecewakan kami disaat mama tidak ingin menjadi beban buat kami.. Tapi sejujurnya hal ini malah menjadi penyesalan terbesar kami.. Terkhususnya buat saya..

Rasanya benar benar hancur disaat mama pergi tanpa meninggalkan pesan apapun, saya selalu berkata kepada diriku bahwa :

“apapun yang saya lakukan, pilihan apa yang saya ambil, takkan pernah ada kata penyesalan

Tapi tahukah, kepergian mama saat itu adalah penyesalan terbesar dalam hidupku, benar benar hancur. Selama mama hidup, saya belum melakukan hal yang terbaik yang bisa saya lakukan. Saya benar benar tidak berguna menjadi anaknya, selama mama hidup saya hanya menjadi beban buat mama, saya besarpun masih menyusahkan mama. Saya sungguh tak siap dengan keadaan ini.. Berpikir bahwa mama mungkin masih akan hidup lebih lama tapi siapa yang tahu rencana Tuhan? Dan setiap hari saya hanya menghabiskan waktu luangku hanya untuk bermain game bahkan jarang menelepon ke rumah untuk menanyakan kabar.. Saya hanya menunggu mereka yang menghubungi dan jarang untuk menghubungi duluan.. Percakapan terakhir kami itu, mama hanya bilang “papa nelpon kamu tapi kamu ngak angkat2” sejujurnya di dalam kapal itu jaringan sangat sulit jadi harus naik ke deck terbuka untuk mendapatkan sinyal. Terlalu banyak kode kode yang diberikan Tuhan kepada saya.. Tapi saya sangat tidak peka dengan semua itu dan mengabaikannya.

Untuk semua yang mama berikan kepada kami adalah hal yang luar biasa, ditengah susahnya kehidupan kami setelah kerusuhan di Ambon, mama masih ada bersama kamu.. Beberapa kalipun mama diusir dari rumah kontrak oleh papa yang sudah stress tingkat dewa., mama pasti balik untuk bersama kami seolah olah tak ada hal buruk terjadi.. Saya tahu semuanya kerasnya kehidupan kami setelah kerusuhan itu, bahkan keluarga besar kami pun memandang sebelah mata keluarga kecil kami ini.

Semua itu masih teringat di kepala saya dan rasa sakitnya di dalam hatiku. Begitu tak ada rasa keadilan yang diberikan keluarga besar kepada keluarga kecil kami. Tapi semua itu saya terima karena memang kami tak punya apa apa untuk diberikan,, jadi tak menuntut apapun.. Kami hanya ingin berkumpul bersama. Bukan seperti yang terjadi selama ini, Di lempar kesana kemari terpisah Toraja – Ambon. Saya benar benar tidak mengerti pemikiran orang dewasa saat itu. Tapi setelah saya dewasa saya memahami semua ini.. Papa malu dengan keadaannya hidup menumpang di rumah nenek, tapi harus bertahan agar kami bisa berkumpul.. Dan ternyata sudah tak cukup kuat untuk berada ditempat itu.. Jadi kami selalu terpisah pisah..

Saya sudah mengikhlaskan semua perasaan itu.. Karena dengan semua itu saya tumbuh menjadi kuat dan menyayangi saudara saudaraku. Ketabahan mama-lah yang terlalu luar biasa. Dia begitu kuat menanggung beban kami, tapi bebannya dia pikul sendiri. Selalu memberikan yang terbaik buat anak anaknya tanpa memikirkan dirinya, apa yang dia pakai, apa yang dia makan, keluarganya selalu menjadi utama.

Mamaku sayang.. Setiap hari rasanya kepergianmu baru kemarin.. Semua tampak begitu jelas, kehangatan pelukanmu yang menghapus rasa sakit dan lelahku masih begitu terasa..

Mulai saat ini.. Anakmu Eric Juanto Rupang ini yang selalu manja kepadamu akan hidup mandiri seutuhnya, akan memperhatikan saudara saudaranya terutama adik Yuyun dan akan melanjutkan tugas mama untuk mengurus papa yang sakit. Dan Eric juga akan menghapus kepergian mama sebagai penyesalan terbesar Eric karena mulai saat ini juga Eric akan menjaga keluarga Kita, mengharumkan nama mama dengan prestasi, Eric juga akan melakukan yang terbaik dalam pekerjaan, karena pekerjaan inilah Eric jauh dari rumah.

Mama, kami semua sangat kehilangan dirimu.. Kami juga tau mama tak ingin pergi meninggalkan kami seperti ini.. Tapi karena mama sudah di surga mama tak perlu mengkhawatirkan kami.. Kami baik baik saja,, mama akan selalu hidup abadi di hati kami. Mama pasti sangat bahagia bersama Tuhan Yesus di surga.. Kami juga sangat bahagia mama tidak menderita lagi di dunia ini.. Mama sudah melakukan tugas mama dengan sangat baik sebagai mama untuk kami dan juga sebagau istri untuk papa..

Mama kami semua menyayangi mama… Selamat berbahagia mama bersama Tuhan Yesus.. Amin

Advertisements

โ€‹Kembali untuk pergi

“Selamat tinggal kasih sampai kita jumpa lagi.. Aku pergi takkan lama…. hanya sekejap saja ku akan kembali lagi,, asalkan engkau tetap menanti”
Ternyata judul postingan ini terbalik dengan judul lagunya Ello – Pergi untuk kembali

Yapp. Tinggal hitungan hari lagi kami sudah tiba di Surabaya menandai telah berakhirnya Tugas Operasi Benteng Ambalat 16.. Yeahhhhhh ๐Ÿ™Œ๐Ÿ™Œ๐Ÿ™Œ

Eittzzz.. Kalau sesuai judul Kembalinya ke Surabaya.. Lantas perginya kemana ???? Toraja kah ???? Hahahahha kok enak!!! Ya enaklah boss cuti cuti,, sudah 2 tahun ini belum cuti ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
Continue reading

Lebaran di Nunukan

Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin ๐Ÿ˜‡
Lebaran kali ini berbeda dari lebaran sebelumnya yang saya laksanakan di Surabaya di rumah oma lede’. Melaksanakan lebaran di daerah operasi ini sungguh menjadi suatu moment yang tak mungkin saya lupakan meski ke depannya akan sering terjadi..

Sehari sebelum lebaran, kami melaksanakan pengecetan lambung kapal dan Malamnya kami isi dengan kegiatan membakar ikan dan jagung serta membunyikan petasan. Continue reading

Baja tuek KRI KST

Kali ini saya akan memperkenalkan letting letting saya yang masih digelari Baja di KRI KST, kenapa harus diperkenalkan ?? Karena mereka nanti akan menjadi salah satu tokoh di blog saya ini. Baja (Bintara Remaja) adalah Bintara termuda yang ada di suatu kesatuan/mess atau Bintara yang masih unyu-unyu yang baru selesai pendidikan yang hobinya tola tole dan perlu banyak diAJARi. Biasanya setiap setahun sudah ada pergantian gelar Baja. Tapi untuk KRI KST ini tidak ada Bintara Remaja baru yang masuk. Jadi letting saya Bintara PK 33 menjadi Baja lagi dan kasus ini sudah sering terjadi di Kota Kota besar..
image

Lah pas saya detasir di KRI KST saya jadi Baja lagi 😵😵
Letting saya di KRI KST ini ada 6 org. Ini sudah temasuk terbanyak untuk penempatan KRI. jadi Itu mungkin jadi alasan Bintara PK 34 tidak ada penempatan di KRI ini dan mereka selalu berdoa keras supaya mendapatkan Bintara PK 35.
mari kita kenalan dengan mereka.

Continue reading

Satu Hari di Kota Ternate

14 Juni 2016
Tepat di pagi Hari kita Tiba di ternate,, wow.. Pulau maluku utara ini indahnya luar biasa.. Air lautnya ituloh jernih banggg.. Kata si Bidu air lautnya Itu gak terlalu asin,,

image

Setelah kami merapatkan kapal asing yang kami Kawal Itu dan mengurusi pekerjaan yang tersisa di kapal itu segera kami siap siap kembali ke kapal markas yang sandar di Port of Ternate.
Sesampai di kapal markas saya disambut dengan senyuman dan ucapan “Selamat datang kembali” oleh Asops Guspurla yang saat Itu didampingi Palaksa KRI.

Continue reading

Tim Kawal part 2

11 Juni 2016
Sahur ini saya masak nasi goreng dengan bumbu ala kabarnya, pas saya minta komentar dari teman teman mengenai rasa mereka hanya bisa acungi “satu” jempol,, gak tau sih di lubuk hati mereka Itu gimana.. Eh,, tapi kok saya pesimis sekali sama masakan sendiri ya -___-
Teman teman bilang omlet buatanku enak banget. kalo diingat yang ajarin saya buat omlet ini adalah teman saya Randy, sekarang dia udah jadi polisi.. Setelah dipikir2 kok bisa ya dia ngajarin saya buat omlet ini.. Apa dulu waktu kecil kita sering main di dapur ?? Hah berarti kita dulu mainnya rumah2an donk ??? 😱😱
Sepertinya kita akan bongkar misteri Itu di postingan berikutnya aja..

Selama perjalanan kami sebagai Tim kawal mendapat beberapa masalah yakni dari kapal si item yang pernah saya tempati. Ya.. Masalahnya kapal Itu aja.. Saya sangat bersyukur dipindahkan dari kapal Itu.
Continue reading

Tim Kawal part 1

10 Juni 2016
Well ini Hari pertama saya mengawal Kapal Kapal asing untuk diperiksakan ke lantamal/lanal..
Kapal yang saya kawal ini kapal jenis vanboot cukup besar untuk ukuran vanboot Itu sendiri…
Kami ada 3 personal dan saya yang tertua.. Jelas saja saya yang menjadi komandan nya wkwkwkkwkwkw… Ngeri Kali bos.. Langsung saja sebagai Komandan saya pergi beristirahat dan menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada tertua kedua alias Palaksa Serda Tasripan.. Untuk anggota yang terakhir sungguh tidak bisa diharapkan karena sudah tepar duluan..
Tiba Tiba saja saya dibangunkan oleh panggilan lewat HT yang dari tadi tak dijawab.. dan langsung menyadari tasripan sudah tepar di sebelah saya. Pas menjawab panggilan dari kapal markas (Karel Satsuitubun – 356 disingkat KST)tentu saja diomelin habis habis karena telat menjawab.. Sungguh Serda tasripan Itu tidak bisa diandalkan juga.

image

Continue reading

Memulai dari Awal

Hallo.. buat kamu yang nyasar ke blog ini,, salam kenal aja ya. hari ini saya berusaha kembali untuk menghidupkan blog ini.. saking sibuknya sampai lupa untuk mengurus blog ini yang sudah penuh debu dan sawang-sawang.. karena hobi saya membaca maka saya juga suka menulis.. karena saya suka menulis maka blog ini saya buat.. dan mari kita memulai dari awal.

hmm.. saya jadi bingung sendiri mau mulai dari mana.. oh iya.. mungkin saya akan menceritakan sedikit dari kehidupan saya sekarang ini di postingan berikut tentunya..

mungkin sekian dulu untuk saat ini.. kita bertemu kembali di postingan berikutnya..

 

22 yang luar biasa

image

Hari ini tepat saya berumur 22 tahun, banyak hal yang salah alami setahun terakhir ini,, suka, benci, senang, marah, derita, bahagia, putus asa, semangat, jatuh, bangun dan sebagainya sudah bolak balik saya alami..
Pertama saya sangat berterima kasih kepada tuhan Yesus atas cintaNya sehingga masih menambahkan 1 tahun usia buat saya, yang selama ini menjaga dan melindungi saya sampai saat ini.
Kedua saya ingin menyampaikan kepada semua orang yang sudah mengambil peran dalam kehidupan saya ini.. Kalian semua luar biasa.. Tanpa kalian saya tak mungkin ada seperti saat ini, doa kalian selalu menyertai saya

Tinggalkan mimpi yang tiada bertepi

Itu adalah sepenggal lirik lagu anggun berjudul mimpi,, kalian juga pasti tahu lagu tersebut, menurutku lagunya bagus cuman musiknya aja kurang cocok (wkwkwkwwk,, sok tahu banget ya..)
tapi bukan lagu itu yang akan aku bahas, aku hanya ingin berbagi (kata kasarnya CURHAT) tentang mimpiku yang tak pernah terwujud.. mimpi memiliki si dia…

Continue reading